Wow, Orang Indonesia Ternyata Paling Sering Akses Media Sosial

Media sosial terpopuler di Indonesia, Facebook, YouTube, Twitter, Google Plus, Instagram dan masih banyak lagi Foto: maxmanroe.com
BUCTekno, Bekasiurbancity– Pengguna media sosial di Indonesia memang sangatlah tinggi, hal ini karena ditopang dengan samkin terjangkaunya harga perangkat mobile seperti smartphone. Disamping itu juga tarif internet murah juga menjadi salah satu faktor tingginya angka pengguna media sosial di Indonesia.

Belum lama ini, Opera Mediaworks dan Mobile Marketing Association (MMA) kembali merilis data terbaru tentang perilaku pengguna smartphone di negara P6 (The Power 6), yakni India, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam, serta Australia, termasuk Indonesia.

Dari data tersebut diketahui bahwa pengguna perangkat mobile di Indonesia lebih sering mengakses situs media sosial dengan persentase 38 persen. Tak hanya Indonesia, negara lain yang memiliki jumlah pengakses situs media sosial cukup besar adalah India, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Penggunaan feature phone yang masih cukup tinggi disebut jadi alasan akses ke mobile store masih tinggi di Indonesia. Sebab, pengguna feature phone membutuhkan kanal mobile store untuk mengakses konten dan aplikasi.

Bahkan disebutkan bahwa 88,5% unique user di mobile store dan portal operator berasal dari feature phone.

Selain data pengguna konten mobile, Opera juga merilis data tentang perilaku dan minat pengguna perangkat mobile di negara-negara tersebut. Dari data yang dikumpulkan diketahui bahwa ada 4 segmen konsumen mobile, yakni Savvy Shoppers, High-Tech Enthusiasts, Travelers, dan Gamers.

Untuk Indonesia sendiri diketahui bahwa konsumen mobile yang paling besar adalah Savvy Shoppers dan Travelers. Selain Indonesia, negara lain yang juga memiliki jumlah Savvy Shoppers terbesar adalah India, Malaysia, dan Vietnam.

Hal ini pastinya juga menguntung bagi vendor maupun perusahaan di Indonesia yang bergerak di bidang online, selain itu kondisi tersebut menjadi ladang pasar basah, khususnya bagi para Marekting Digital dalam mencari konsumen produknya.

Melihat Statistik pengguna internet secara global, menurut data terbaru dari We Are Social, pengguna internet aktif di seluruh dunia kini mencapai angka 3,17 miliar. Dari tahun ke tahun, jumlah pengguna internet bertumbuh hingga 7,6 persen.

Pertumbuhan pengguna internet ini juga berpengaruh terhadap pertumbuhan pengguna media sosial dan mobile. Menurut laporan yang sama, pengguna media sosial aktif kini mencapai 2,2 miliar, sedangkan pengguna mobile mencapai 3,7 miliar.

Menurut data yang dirilis oleh APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), jumlah pengguna internet pada tahun 2014 sebesar 88,1 juta. Angka tersebut naik dari 71,2 juta di tahun sebelumnya.

Dilansir dari laman Liputan6.com (25/11/2015), Rohit Dadwal, Managing Director Mobile Marketing Association APAC, dalam keterangan resminya mengatakan, “Asia Pasifik adalah area yang sangat beragam dan pertumbuhan mobile marketing telah membuat area ini berkembang dari 4 menjadi 6 negara.”

0 Komentar