Bekasi Siap Bangun Seribu Taman Agar Menjadi Kota Layak Anak

Taman Bantargebang Kota Bekasi
Bekasi,  – Pemerintah Kota (pemkot) Bekasi, Jawa Barat, berencana menjadikan Kota Bekasi sebagai Kota yang Layak Anak. Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan Kota Bekasi sebagai Kota yang Layak Anak. adalah memepersiapkan sarana dan prasarana, terutama pembangunan tempat-tempat berekspresi anak seperti taman bermain.

Dia mengatakan, rencana Kota Layak Anak telah dibuat sejak lama, namun hingga kin ibelum dapat terwujud. Terkait jaminan perlindungan anak, dia mengatakan telah menugaskan Satuan Tugas yang fokus untuk mencegah terjadinya kekerasan pada anak. Menurut dia, Satgas tersebut sudah cukup efektif dalam mengurangi kasus kekerasan padaanak, mengingat saat ini kerap terjadi kasus kriminal yang melibatkan anak usia dini.

“Sudah ada satgas. Kalau nggak ada lebih parah lagi,” ujarnya.

Dilansir dari republika.co.id, Rahmat Effendi menjelaskan terkait struktur, Kota Bekasi sudah meraih sekitar 60 hingga 70 persen, namun hal yang perlu diperbaiki adalah perilaku dan kebiasaan masyarakat. Dia menjelaskan, rencana Kota Bekasi sebagai Kota Layak Anak akan nmerujuk kepada beberapa wilayah yang telah terlebih dulu menerapkannya, seperti Surabaya, Bali dan Solo.

Dengan menjadikan Surabaya sebagai rujukan, Rahmat mengatakan telahmengusulkan pembangunan 1000 taman layaknya yang telah dilakukan Kota Surabaya. Meskipun saat ini, kata dia hanya beberapa taman saja yang sudah dibangun. Dia menyatakan akan memulai persiapan Kota Layak Anak pada tahun ini, namunkemungkinan akan rampung pada 2018 nanti.

“Harus seperti itu, kan saya udah canangkan tuh seribu taman. Sekarng baru beberapa, kan korelasnya ke sana. Tapi buat mewujudkan itu kan susah, bertahap,” kata dia.

0 Komentar