Membanggakan, Kompol Ardila Amry Sah Menyandang Gelar Doktor dengan IPK Tertinggi



Aktual Indonesia - Kompol Muhammad Ardila Amry kini resmi menyandang gelar Doktor usai diwisuda untuk program Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor Universitas Indonesia (UI), Jumat (25/2/2022).

Meski di tengah kesibukannya sebagai anggota Polri yang selalu siap sedia melayani masyarakat. Dirinya tetap menjalani masa studinya dengan intens dan bergiat dalam belajar hingga akhirnya meraih hasil yang maksimal.

“Alhamdulilah, masa perkuliahan saya jalani dengan baik hingga selesai begitu juga dengan keseharian sebagai anggota Polri,” kata Ardila kepada wartawan melalui sambungan telepon, Jumat (25/2/2022).

Alhasil, kerja keras dan ketaatan dalam menjalankan tugas dan studi pun membuahkan hasil yang luar biasa. Ia masuk jadi 5 lulusan  terbaik dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

“Semua berkat kerja keras dan dorongan keluarga yang tak pernah berhenti mensupport saya,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu pula. Ardila membeberkan jika dirinya lulus dengan meraih Nilai IPK tertinggi pada Program S3/Doktoral Departemen KRIMINOLOGI & pada Fakultas/FISIP UI.

“Gak menyangka juga nilai raih IPK (Indeks Prestasi Kumulatif). Saya kuliah murni untuk menuntut ilmu dan mengembangkan serta menggali potensi yang ada dalam diri saya,” tukasnya.

Ia berharap sekaligus mengajak Perwira Polri lainnya untuk mengikuti jejaknya dengan tidak lelah mengikuti dan menjalani studi baik di luar maupun dalam negeri.

“Jangan pernah lelah menuntut ilmu. Jika bisa kuliah ya kuliah, ingat jerih lelahmu tidak akan pernah sia-sia. Jika Sumber Daya Manusia (SDM) kita unggul maka Polri akan jauh lebih baik lagi. Untuk itu mari mulai dari diri kita dahulu untuk mengembangkan diri,” pintanya.

Berkat kerja kerasnya pula, Ardila saat ini dipercaya menjadi salah satu Staff di Kedutaan Besar (Dubes) Indonesia untuk Perancis. Dengan demikian maka ilmu pengetahuan yang diperolehnya sebagai anggota Polri dan doktoral jebolan UI.

“Insya Allah, saya akan menjalankan amanah yang dipercayakan. Rencananya ke depan saya akan lanjut short course tentang criminology di Aix Marseille University,” pungkas Ardila.

Untuk diketahui, Kompol Ardila Amry tercatat sebagai Doktor Kriminologi ke-27 di Universitas Indonesia. Tak hanya itu, ia pun masuk dalam jajaran ketujuh Doktor Kriminologi UI dengan predikat cum laude. Bahkan, Ardila menjadi polisi termuda yang menyandang gelar Doktor di institusi Polri.