Akun Twitter Pemkot Bekasi Diretas


Bekasi Urban Cityv - Akun Twitter resmi Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi diretas oleh akun tak bertanggung jawab. Peretasan diduga terjadi pada Rabu, 23 Maret 2022 malam. 

Dari pantauan di akun milik Pemerintah Kota Bekasi, terlihat me-retweet akun-akun token bored ape kripto. Kemudian nama akun Twitter diubah menjadi titik saja sembari tanda verifikasi centang biru tersedia di akun itu, dan mentions setiap akun-akun yang tidak diketahui penggunanya.

Kepala Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Kota Bekasi Hudi Wijanto mengatakan, peretasan yang menyasar ke akun resmi Pemkot Bekasi diduga dilakukan oleh akun Rusia. 

Hal tersebut diketahui setelah pihaknya berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) Pusat.

"Ini lagi dikonfirmasi dari Kominfo untuk turut membantu kita, dan menurut informasi akun tersebut sudah diretas oleh orang Rusia," kata Hudi melalui sambungan telepon selulernya, Kamis, 24 Maret 2022.

Meski demikian, kata dia, pihaknya memastikan tidak terjadi kebocoran pada data-data penting. "Untuk data alhamdulilah sejauh ini masih aman, dan untuk alasan bagi pelaku melakukan peretasan kita masih memverifikasikan lebih lanjut," ujarnya.

Hudi menjelaskan, untuk perbaikan akun Twitter yang diretas setidaknya membutuhkan waktu beberapa hari. Salah satunya upaya pembenahan server.

"Hasil konfirmasi dari Kominfo untuk lamanya proses perbaikan diperkirakan capai 3 sampai 7 hari agar akun benar-benar pulih seperti sedia kala," ujarnya.