Polisi: Pemudik Ramai Lintasi Kota Bekasi Pasca Buka Puasa



Bekasi Urban City - Polres Metro Bekasi Kota telah menyiapkan langkah antisipasi untuk mencegah kepadatan kendaraan pemudik di jalur Kalimalang-Kota Bekasi yang biasanya terjadi seusai buka puasa.

"Para pemudik selama ini pengalaman kita (mulai ramai) setelah buka puasa. Setelah buka nanti mereka jalan," ujar Kanit Pengaturan Penjagaan Pengawalan Patroli (Turjawali) Polres Metro Bekasi Kota, AKP Ganda Siburian.

Menurut Ganda, pada pagi hingga sore hari biasanya arus lalu lintas hanya padat oleh warga lokal. Namun, saat menjelang malam sejumlah pengendara yang akan mudik mulai melintasi jalur arteri menuju berbagai wilayah di Jawa Barat.

Diketahui pemudik, lanjut dia, terlihat dari barang bawaan yang dibawa baik melalui kendaraan roda empat maupun roda dua. Kondisi itu juga berdasarkan pengalaman dua tahun ke belakang, sebelum pandemi Covid-19.

"Kalau malam terutama, memang ada kita identifikasi mau mudik. Itu terlihat dari barang-barang di atas itu, tapi belum banyak. Termasuk roda dua sudah ada," ucapnya.

Apabila terjadi antrean panjang terutama di Jalan KH. Noer Ali Kalimalang yang menuju ke persimpangan Jalan Ahmad Yani, kata Ganda, akan dilakukan rekayasa lalu lintas. Pihaknya memantau melalui CCTV.

Adapun rekayasa yang disiapkan berupa sistem satu arah (One Way) dari arah Jalan Noer Ali Kalimalang ke Jalan Mayor Madmuin Hasibuan. Namun saat ini, kendaraan di Jalan Noer Ali masih harus berbelok ke kanan atau kiri Jalan Ahmad Yani.

"Apabila nanti Kalimalang antrean sudah panjang, nanti ada opsi dari Jalan KH Noer Ali Kalimalang, bisa kita luruskan ke Jalan Hasibuan jadi One Way," terangnya.

0 Komentar