Untuk Warga Bekasi, Ini Info Penting Selama One Way Arus Balik Berlaku di Tol



Bekasi Urban City - Rekayasa lalu lintas (lalin) one way dan contraflow di Tol Jakarta-Cikampek diperkirakan berdampak kepada warga Bekasi. Warga yang hendak dari Jakarta ke Bekasi atau Bekasi ke Jakarta bisa menggunakan sejumlah jalur alternatif saat tol arah ke Cikampek ditutup.

Dalam keterangan tertulis Jasa Marga, pengalihan lalin di SS Cawang sudah dilakukan sejak Jumat (6/5/2022) siang. Ada tiga titik ke arah Tol Jakarta-Cikampek yang ditutup.

"Pengalihan lalu lintas di SS Cawang dimulai pukul 11.00 WIB, dengan melakukan penutupan di tiga titik lokasi yang menuju tol Jakarta-Cikampek," tulis Jasa Marga.

Berikut sejumlah titik yang ditutup:

1. Km 00+400 B Ruas Tol Cawang-Tomang-Pluit (dari Semanggi arah Cawang/Cikampek).

2. KM 00+200 B Ruas Tol Cawang-Tanjung Priok-Pluit yang dikelola oleh PT Citra Marga Nusaphala Persada/CMNP (dari Priok arah Cawang/Cikampek).

3. On ramp UKI (dari arteri Cawang/UKI arah Cikampek via Tol).

Jasa Marga mengatakan pengendara yang melintas di jalan tol dari Semanggi atau Cawang yang hendak menuju Cikampek dialihkan ke arah Cawang-Tanjung Priok-Pluit dan Jagorawi. Sedangkan pengguna jalan tol yang datang dari Jatinegara atau Rawamangun dialihkan ke Cawang-Tomang-Pluit dan Jagorawi.

"Pengguna jalan tol dari arah Semanggi/Cawang yang akan menuju arah Cikampek dialihkan ke arah Cawang-Tanjung Priok-Pluit (CMNP) dan ke arah Jagorawi. Sedangkan pengguna jalan tol dari arah Jatinegara/Rawamangun dialihkan ke arah Cawang-Tomang-Pluit dan ke arah Jagorawi," tulisnya.

Jasa Marga menekankan pihaknya sudah menyiagakan petugas dan memasang rambu-rambu supaya masyarakat tidak kebingungan. Jasa Marga meminta pengendara selalu berhati-hati.


Alternatif Jalur Arteri

Menurut keterangan TMC Polda Metro Jaya, warga Bekasi yang hendak ke Jakarta dapat menggunakan jalur arteri. Jalur alternatif arteri ini antara lain Jalan Raya Pantura, Jalan Raya Kalimalang, dan Jalan Tol Becakayu.

Rekayasa Lalin di Jalur Arterti

Polres Metro Bekasi Kota juga melakukan penutupan Gerbang Tol Bekasi Barat arah Cikampek secara situasional. Pantauan pada Jumat (6/5) pukul 13.45 WIB, terlihat gerbang tol arah Cikampek ditutup menggunakan barier oranye.

Banner dilarang masuk menuju arah Cikampek pun sudah terlihat sejak Jalan Ahmad Yani. Polisi juga terlihat menjaga gerbang tol arah Cikampek. Sedangkan petugas yang lain mengatur lalu lintas pengendara yang berputar balik.

Menurut Wakasat Lantas Polres Metro Bekasi Kota, Kompol Ayu Nur Jani, penutupan gerbang tol arah Cikampek dilakukan sejak pukul 13.00 WIB. Ayu menambahkan ada 16 personel yang ditugaskan menjaga gerbang tol.

"Tadi diperintah langsung oleh Dirlantas melalui Pak Kasat Lantas dari pukul 13.00 WIB, untuk yang di tol saja dibantu dengan dishub ada sekitar 16 orang," ucap Ayu ketika ditemui di depan Gerbang Tol Bekasi Barat.

Ayu menjelaskan pengendara yang berputar balik dapat melintas melalui jalur alternatif. Selain itu, pihaknya sudah mempersiapkan petunjuk arah jalan menuju Jakarta.

"Alternatif daripada Kalimalang itu sudah ada rute-rute yang ada sarana prasarana petunjuk arah, jadi nanti dilimpahkan ke jalur arteri," tuturnya.

Penutupan gerbang tol arah Cikampek dilakukan situasional. Selain itu, GT Bekasi Timur dan Pondok Gede arah Cikampek ditutup.

"Alternatif daripada Kalimalang itu sudah ada rute-rute yang ada sarana prasarana petunjuk arah, jadi nanti dilimpahkan ke jalur arteri," tuturnya.

Penutupan gerbang tol arah Cikampek dilakukan situasional. Selain itu, GT Bekasi Timur dan Pondok Gede arah Cikampek ditutup.


Baca artikel detiknews, "Dear Warga Bekasi, Ini Info Penting Selama One Way Arus Balik Berlaku di Tol" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6065864/dear-warga-bekasi-ini-info-penting-selama-one-way-arus-balik-berlaku-di-tol.


Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/