Begini Cara Polres Temukan Teduga Pembunuh di Cikarang Utara

 



Cikarang - Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Gidion Arif Setiawan mengatakan ada beberapa langkah taktis yang dilakukan penyidik dalam menemukan Tersangka VM dalam kasus penemuan mayat di Kali Ulu, Cikarang Utara.


"Ada banyak cara teknis dan taktis. Tapi di awal penyidikan, secara teori, dalam kasus penemuan mayat seperti itu biasanya ada kedekatan antara korban dan pelaku," katanya didampingi Kasat Reskrim Polres Bekasi AKBP Aris Timang bersama Kapolsek Cikarang Kompol Mustakhim saat menggelar Rilis Pers di Mapolres Bekasi, Jumat (1/4/2022).


Ia menjelaskan, atas dasar itu, penyidik melakukan penelusuran kebelakang dari korban hingga korban dinyatakan hilang. Dari situ, diketahui, beberapa hari sebelumnya korban sempat bertemu dengan tersangka. 


"Saya jelaskan begini, awal penyidikan secara teori dalam penemuan jenazah dengan kondisi seperti itu, biasanya ada kedekatan pelaku dan korban. Kita telusuri jejak-jejak korban hingga dinyatakan hilang. Kita temukan korban bertemu dua orang di sebuah tempat, gudang milik tersangka," jelasnya.


Gidion menjelaskan, dari penyelidikan diketahui awalnya memang tidak ada niatan tersangka untuk melakukan pembunuhan. Ia mengakui ada perselisihan hingga tersangka melakukan kekerasan hingga pelaku hilang kesadaran.


"Dari situ juga diketahui, awalnya tidak ada niatan melakukan pidana. Mereka minum, saksi R sedang tidur kemudian ada perselisihan VM dan MK. Korban dibanting, tersangka panik karena korban tidak ada denyut nadi. Tersangka melakukan aksi menyembunyikan aksi kekerasan pertama," paparnya.


Diberitakan sebelumnya, Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Gidion Arif Setiawan mengatakan pihaknya berhasil mengungkap kasus penemuan mayat di Kali Ulu, Cikarang Utara. Menurutnya, dalam penyelidikan dan penyidikan diketahui kasus tersebut mengarah pada dugaan pembunuhan.


"Tim penyidik berhasil mengungkap kasus penemuan mayat di Kali Ulu, Cikarang Utara. Dalam penyelidikan ternyata mengarah pada kasus dugaan pembunuhan," katanya didampingi Kasat Reskrim Polres Bekasi AKBP Aris Timang bersama Kapolsek Cikarang Kompol Mustakhim saat menggelar Rilis Pers di Mapolres Bekasi, Jumat (1/4/2022).


Gidion menjelaskan, jenazah yang ditemukan telah diidentifikasi berinisial MK warga Lebak. Pihaknya juga sudah menetapkan dan menahan sorang terduga pelaku berinisial VM. 


"Kami sudah lakukan penyelidikan dan identifikasi peristiwa sesungguhnya. Kami telah menetapkan saudara VM sebagai tersangka dan melakukan penahanan," tegasnya.

0 Komentar